“BloobIS” Sukses Raih Merit Award INAICTA 2013

September 11, 2013 no comments admin

“BloobIS” Sukses Raih Merit Award INAICTA 2013

Prestasi kembali diukir oleh mahasiswa FTIf di kancah nasional lewat INAICTA (Indonesia ICT Award) 2013. INAICTA 2013 kali ini mengusung tema “Teknokreasi : A Nation of Possibilities”. Terdapat 168 karya-karya yang tergabung dalam 21 kategori. Pengumuman pemenang dan penganugerahan Award dilaksanakan di Assembly Hall dan lower Lobby Jakarta Convention Center, Minggu (1/9) malam. Setelah melalui proses yang cukup ketat dan panjang, akhirnya terpilih 4 wakil dari ITS yang menjadi nominator INAICTA 2013 di Senayan Jakarta. Salah satunya BlooBIS yaitu Blood Bank Information System, Aplikasi penyambung nyawa.

BloobIS mendapatkan Merit Award pada kategori e-health Indonesia ICT Award – INAICTA 2013. Aplikasi penyambung nyawa ini dibuat oleh mahasiswa Sistem Informasi ITS yaitu Ika Nurkasanah, Izzat Aulia Akbar, Benedictus Arya Binarsatya, Adhika Pratomo, Yogantara S Darmawan dan Leonika Sari.
inaicta 1

BloobIS merupakan aplikasi berbasis web yang mengintegrasikan unit donor darah  PMI dengan Rumah Sakit. Jika ada orang yang membutuhkan darah atau pihak Rumah Sakit yang ingin memesan darah, maka pemesan bisa segera login ke aplikasi. Jika ingin mencari darah golongan A, maka sistem akan mencari darah golongan A yang terdekat dari Rumah Sakit. Aplikasi BloobIS ini dapat diakses melalui bloobis.com. Pengguna diwajibkan login terlebih dahulu sebelum mengakses menu-menu yang ada di aplikasi tersebut . Pengguna akan mendapatkan Username dan password dari pihak Rumah Sakit. Hak cipta BloobIS sedang dalam proses Ditjen HKI.

“Kami berharap aplikasi ini benar-benar bisa diterapkan di PMI sebab kami sudah pernah melakukan uji coba di PMI Sidoarjo, Surabaya dan di Gresik. Mereka tertarik dengan aplikasi BloobIS karena mudah, dan bisa mengintegrasikan banyak Rumah Sakit. Namun kendalanya tetap harus ada kebijakan dari PMI itu sendiri”, ujar Yogantara. Menurut Yogantara, usai ajang lomba INAICTA ini, banyak kalangan-kalangan yang tertarik dan ingin bekerjasama untuk pengimplementasian aplikasi selanjutnya. Mahasiswa Sistem Informasi semester 7 ini juga berharap kepada BEM FTIf agar INAICTA menjadi fokus kedepannya selain PKM dan Gemastik. Selain itu, ia berharap BEM FTIf mampu menyiapkan tim-tim untuk INAICTA kedepannya. Yogantara juga menambahkan sebaiknya diadakan project yang menggabungkan antara Sistem Informasi dengan Teknik Informatika untuk membuat suatu inovasi yang murni karya FTIf. (est/trz)

Sumber : http://bem.ftif.its.ac.id/?p=1279