Transfer Kredit

March 16, 2013 no comments admin

Ketentuan Joint Degree diatur dalam “Peraturan Akademik ITS”:

Bagian Pertama

1. Mahasiswa diperbolehkan mengambil mata kuliah di perguruan tinggi negeri mitra ITS yang mempunyai perjanjian kerjasama pemindahan kredit dengan ITS.

2. Mahasiswa yang diperbolehkan melakukan pemindahan kredit harus:

  • sudah menempuh sekurang‐kurangnya 110 sks untuk program sarjana dengan IP ≥ 3,0 tanpa nilai D dan E; dan 20 sks untuk program magister dengan IP ≥ 3,0 tanpa nilai C, D, dan E;
  • berstatus sebagai mahasiswa ITS dan membayar biaya administrasi sebesar 10% SPP di ITS;
  • melakukan pendaftaran dan pembayaran biaya pendidikan di perguruan tinggi mitra sesuai ketentuan yang berlaku.

3. Jumlah kredit yang dapat diambil oleh mahasiswa di perguruan tinggi mitra sebanyak‐banyaknya 25% dari total beban studi, tidak termasuk tugas akhir/tesis/disertasi.
4. Mata kuliah yang ditempuh di perguruan tinggi mitra yang diakui kreditnya oleh ITS hanya mata kuliah dengan nilai sekurang‐kurangnya C.
5. Masa studi yang diijinkan untuk mengikuti perkuliahan di perguruan tinggi mitra paling lama tiga semester.
6. Mahasiswa wajib menyerahkan daftar nilai mata kuliah yang telah ditempuh dan disahkan oleh perguruan tinggi mitra kepada ketua jurusan/program studi.
7. Ketua jurusan/program studi mengekivalensikan mata kuliah yang telah ditempuh di perguruan tinggi mitra ke mata kuliah yang bersesuaian dengan mata kuliah yang ada di kurikulum program studi.
8. Yang dimaksud dengan ekivalensi pada ayat (7) adalah pengakuan atas mata kuliah yang telah ditempuh di perguruan tinggi mitra tanpa mengubah nama, kode, dan bobot sks.
10. Hasil ekivalensi pada ayat (7) dilaporkan kepada dekan dan pembantu rektor bidang akademik.

 

Bagian Kedua

1. Mahasiswa ITS boleh mengambil sebanyak‐banyaknya 50% dari total beban studi yang diwajibkan di perguruan tinggi mitra luar negeri,  tidak termasuk tugas akhir/tesis/disertasi, dengan persyaratan sebagai berikut:

  • perguruan tinggi mitra yang dimaksud adalah perguruan tinggi di luar negeri yang mempunyai kerjasama dengan ITS;
  • mata kuliah yang diambil mempunyai kesesuaian dengan mata kuliah yang ada di kurikulum program studi di mana mahasiswa yang bersangkutan terdaftar;
  • berstatus sebagai mahasiswa ITS dan membayar biaya  administrasi sebesar 10% SPP di ITS.

2.  Ketua jurusan/program studi mengekivalensikan matakuliah yang  telah ditempuh di perguruan tinggi mitra ke mata kuliah yang  bersesuaian dengan mata kuliah yang ada di kurikulum program studi.

3. Yang dimaksud dengan ekivalensi pada ayat (2) adalah pengakuan atas mata kuliah yang telah ditempuh di perguruan tinggi mitra tanpa mengubah nama, kode, dan bobot sks.

4. Hasil ekivalensi pada ayat (2) dilaporkan kepada dekan dan pembantu Rektor bidang Akademik.

Sumber : Peraturan Akademik ITS bab x pasal 27 – 28